Mengubah Direktori Kerja Pada Pascal

Labkom99.com - Direktori (direktori istilah pada sistem DOS, sedangkan pada sistem windows istilah ini dikatakan Folder) kerja dibutuhkan agar setiap kali Anda mengaktifkan layar editor, direktori tersebut digunakan sebagai direktori aktif. Karena Anda dapat mengaktifkan layar editor salah satu dari dua sistem, berikut akan diberikan gambaran untuk membuat direktori.

Untuk membuat direktori baru dari sistem windows Anda aktifkan explorer (klik kanan start dan pilih explorer). Arahkan pointer ke dalam folder C:\TP\BIN. Cara buat folder di dalam folder BIN : klik kanan mouse, klik New, klik Folder, beri nama folder BAB_I. Pada sistem windows nama folder dapat melebihi 8 karakter, tetapi bila folder yang Anda buat di buka di sistem layat editor pascal tetap akan 8 karakter. Misalkan pada sistem windows Anda buat folder baru dengan nama : Penyimpanan (11 karakter), maka pada saat Anda buka di layar editor pascal akan berubah menjadi Penyim~1 (8 karakter). Anda perhatikan mulai karakter ke 7 dan seterusnya akan diganti dengan lambang tilde dan angka satu (~1).


Baca Juga : MENGATUR PENAMPILAN LAYAR EDITOR PASCAL DARI WINDOWS

Kalau Anda dari sistem dos, pada prompt Anda ketik cd c:\TP\BIN, maka prompt menjadi C:\TP\BIN. Selanjutnya ketikkan MD BAB_1. Bila Anda ingin mengaktifkan Turbo.Exe setelah membuat direktory baru Anda harus turun satu tingkat direktori ke bawah dengan mengetik cd.. , maka prompt aktif c:\tp\bin. Pada sistem dos nama direktori maksimum 8 karakter.

Pada tahap di atas Anda masih membuat direktori baru. Untuk membuat direktori BAB_1 sebagai direktori kerja. Satu hal yang perlu anda ketahui bahwa meskipun turbo pascal for dos banyak menggunakan masukan dari keyboard, Anda juga dapat menggunakan mouse. Aktifkan Layar Editor Pascal selanjutnya Anda lakukan.

Dari Keyboard : Tekan Alt + F (alt ditekan tanpa dilepas dan tekan F di keyboard). Dengan mouse klik menu File, Klik Change Dir.

 Mengubah Direktori Kerja Pada Pascal



Dari Keyboard : Aktifkan direktoi BAB_1. Untuk pindah antar pilihan Anda dapat tekan tombol TAB. Dari mouse Anda tinggal double klik BAB_1 dan Klik OK.


 Mengubah Direktori Kerja Pada Pascal




Label: