Apa Itu Word Wide Web



Apa Itu Word Wide Web


Skema Kerja WWW


Labkom99.com - Web pada awalnya merupakan ruang informasi dalam internet, dengan menggunakan teknologi hyperteks, terdiri dari link-link yang disediakan dalam dokumen web untuk menemukan informasi yang dibutuhkan oleh pengguna, ditampilkan melalui browser.

Internet identik dengan web karena kepopuleran web sebagai standar interface pada layanan-layanan yang ada di Internet. Web digunakan juga untuk melayani komunikasi e-mail sampai dengan chatting, juga transaksi bisnis (e-commerce).

Beberapa alasan web telah diadopsi oleh perusahaan sebagai bagian dari strategi teknologi informasinya, yaitu:
WorldWide Web Consortium-W3C dibentuk pada Oktober 1994, dengan jumlah anggota lebih dari 400 organisasi anggota dari seluruh dunia, telah menghasilkan pengakuan internasional untuk kontribusinya pada perkembangan Web. W3C meletakkan gabungan spesifikasi dalam standar web, yaitu:

Bagaimana WWW bekerja?
BrowserWeb adalah software yang digunakan untuk menampilkan informasi dari server web. Browser tersebut ada yang menampilkan secara text yaitu Lynx, ada pada lingkungan DOS dan *nix (keluarga sistem operasi Unix). Dan browser yang menggunakan mode grafik yaitu Internet Explorer dan Netscape Navigator.

Bagaimana Browser mengambil page ?
Suatu browser mengambil sebuah web page dari server dengan sebuah request. Sebuah request adalah HTTP standar yang berisi sebuah page adddress, contoh : http://www.labkom99.blogspot.com/page.htm.

Bagaimana Browser Menampilkan page ?
Seluruh web page berisi instruksi-instruksi bagaimana untuk ditampilkan. Browser menampilkan page dengan membaca instruksi-instruksi ini, instruksi yang paling umum untuk menampilkan disebut dengan tag HTML.

Server web adalah komputer yang digunakan untuk menyimpan dokumen-dokumen web, serta melayani permintaan dokumen web dari kliennya. Browser web berkomunikasi melalui jaringan dengan server web menggunakan HTTP. Browser akan mengirimkan request kepada server untuk meminta dokumen tertentu atau layanan lain yang disediakn oleh server. Server memberikan dokumen atau layanannya jika tersedia dengan menggunakan protokol HTTP.

Label: , , , ,