Perbedaan Antara PSU SFX Dan PSU ATX Jangan Salah Pilih

Perbedaan Antara PSU SFX Dan PSU ATX


Labkom99.com - Sebagai sumber daya dari seluruh host, PSU (Power Supply) menyediakan voltase yang diperlukan untuk setiap perangkat keras di host komputer. Jadi tidak boleh diremehkan saat membeli PSU. Saat ini PSU PC yang beredar di pasaran sebagian besar berdasarkan pada standar ATX. Selain PSU ATX biasa, terdapat juga PSU SFX untuk model khusus. Biasanya PSU SFX biasanya digunakan untuk host ITX. Jadi, apa artinya daya SFX? Mari berbagi pengetahuan tentang perbedaan antara PSU SFX dan PSU ATX bersama labkom99.

 

Baca juga : 

 

10 Trik Memilih Komponen Sebelum Merakit Komputer

Upgrade Hardware Komputer, Komponen Ini Yang Harus Didahulukan

Slot Motherboard Yang Harus Diketahui Sebelum Merakit Komputer

 

 

Apa Perbedaan Antara PSU SFX Dan PSU ATX

 

1. Apa artinya SFX Pada PSU?

 

SFX adalah standar power supply. SFX bisa dikatakan varian dari ATX biasa. Power supply memiliki tegangan keluaran yang sama dan memiliki spesifikasi sendiri dalam ukuran dan daya. Yang terpenting adalah ukurannya yang khusus. Karena ukuran power supply SFX yang kecil, biasanya Cocok untuk casing kecil ITX.

 

Ada juga standar PSU SFX-L, yang tidak ada dalam spesifikasi desain PSU Intel. Dibandingkan dengan standar SFX biasa, SFX-L adalah versi SFX yang lebih Panjang. Karena semakin panjang ukurannya, kompatibilitasnya akan terpengaruh. Jadi kita perlu memperhatikan kompatibilitas kesing saat membeli PSUS FX-L. Jika tidak, akan ada situasi dimana PSU tersebut tidak dapat dipasang pada kesing.

 

 

2. Perbedaan Ukuran Antara PSU SFX Dan PSU ATX

 

Di pasaran, kebanyakan mainframe PSU komputer berspesifikasi standar ATX. Ukuran standar PSU ATX adalah 150mm x 140mm x 86mm. Sedangkan ukuran PSU SFX biasanya hanya 125mm × 100mm × 63,5mm. Ukuran PSU SFX-L biasanya 125mm x 130mm. x 63.5mm. Terlihat dari ukuran power supply SFX yang ukurannya lebih kecil dari power supply ATX standar dan lebih baik digunakan pada chassis ITX sehingga lebih menghemat ruang untuk menampung hardware.

 

Baca juga : Review Kinerja Intel i7 10700F Dan AMD R5 5600X Mana Terbaik

 

 

Perbedaan Antara PSU SFX Dan PSU ATX

Perbedaan Ukuran PSU



3. Perbedaan Antara Spesifikasi PSU SFX Dan PSU ATX

 

Mengenai spesifikasi desain PSU yang dikembangkan oleh Intel dari segi nomor versinya, SFX12V lebih tinggi dari spesifikasi ATX12V. Saat spesifikasi ATX12V 2.31 ditentukan sekitar sepuluh tahun yang lalu. Spesifikasi SFX12V telah mencapai versi 3.21 dan saat spesifikasi ATX12V 2.52 dirilis. Spesifikasi versi SFX12V 3.42 juga dirilis pada saat yang sama. Terlihat bahwa PSU SFX pada dasarnya disinkronkan dengan spesifikasi desain ATX dan bahkan mungkin lebih tinggi.

 

Baca Juga : Perbedaan Intel i9 10850K Dan i9 10900K Mana Yang Lebih Baik

 

Peningkatan versi spesifikasi desain PSU terutama untuk mengubah desain tegangan PSU dan antarmuka PSU sesuai dengan kebutuhan komputer saat ini. Misalnya, core CPU telah melonjak ke seri lebih tinggi. Penggunaan solid-state M.2 yang menjadi populer. Perangkat USB memiliki kecepatan dua kali lipat, dan seterusnya. Perubahan signifikan dalam persyaratan PSU memerlukan pengembangan standar baru.

 


Kesimpulan


Di atas adalah pengetahuan tentang perbedaan antara PSU SFX dan PSU ATX yang dibagikan oleh labkom99. Faktanya, perbedaan utama antara PSU SFX dan PSU ATX adalah ukurannya. Pilihan PSU SFX terutama ditentukan oleh kesing. 

 

Karena ruang terbatas di dalam casing ITX, Jika Anda berencana untuk merakitnya Mainframe ITX yang kecil dan indah,  biasanya hanya kompatibel dengan PSU SFX yang lebih kecil.  Tidak kompatibel dengan PSU ATX. Tentu saja, meskipun host ITX kecil dan indah, biaya asesorisnya akan agak tinggi. Dibandingkan dengan PSU ATX, PSU SFX lebih mahal, termasuk motherboardITX dan kesing ITX.

Label: