Membuat Program Pascal Pertama

Labkom99.com - Sekarang kita coba membuat program pascalpertama kali. Coba Anda ketikkan persis seperti tampilan berikut ini :

Membuat Program Pascal Pertama


Satu hal yang perlu Anda ingat adalah Pascal bahasa pemograman yang non case sensitive, yang artinya tidak membedakan huruf besar dan huruf kecil dalam penulisan syntaxnya. Jadi kata program, Program, PROGRAM, ProGram, sama saja artinya. Agar program lebih lebih mudah dibaca (readable) pada tulisan ini semua keywords ditulis dalam huruf kecil (lower case).


Menyimpan Program Pascal
Usahakan bila program yang Anda buat telah siap diketik, simpanlah terlebih dahulu ke media penyimpanan (hard disk, floppy disk, flash disk, dll). Hal ini dimaksudkan agar pekerjaan Anda tidak sia-sia. Mengapa ? Dapat Anda bayangkan setelah Anda mengetik kode program yang panjang, tiba-tiba listrik mati, dan sebelumnya Anda belum menyimpan kode program tesebut, tentu akan membuat kita kecewa. Jadi, usahakanlah selalu menyimpan kode program sesering mungkin. Untuk menyimpan program pascal Anda dapat melakukannya dengan tombol keyboard atau mouse.

Baca Juga : CARA INSTALASI PASCAL DI WINDOWS
Dengan keyboard : Tekan Alt+F, Pilih Save dan Enter. Cara cepat (ShortCut) tekan F2 di keyboard. Dengan mouse : Klik File, Save



           
Maka kursor akan berada pada isian Save File As. Anda ketikkan nama file Kenalan atau Kenalan.Pas. Bila Anda hanya mengetikkan nama file Kenalan, maka Pascal otomatis menambah akhiran .Pas. Kemudian tekan OK.
  
Karena program yang kita jalankan adalah Turbo Pascal For Dos, maka aturan pemberian nama file mengikuti standard 8 titik 3 (8.3). 8 berarti maksimum panjang nama file, dan 3 berarti extension (perluasan) maksimum tiga karakter. Sebagai contoh pada saat anda mengetikkan Kenalan, maka panjang nama file adalah 7 dan ekstensionnya adalah Pas (Pascal). Ctt : Semua nama file program Pascal yang Anda simpan harus berekstensi .PAS.

Aturan Pemberian Nama Program Pascal

Adapun syarat pemberian nama file adalah sebagai berikut :
  1. Harus dimulai dengan alphabet (a..z atau A..Z) garis bawah ( _ ).
  2. Selanjutnya dapat diikuti oleh angka (0..9), alphabet atau garis bawah.
  3. Tidak boleh memuat spasi ataupun karakter-karakter khusus (~ ! @ # $ % ^ & * ( ) - + = \ | [ ] { } : “ ; ‘ , > < / ? ).
  4. Maksimum delapan karakter. Bila Anda memasukkan lebih dari delapan karakter maka karakter yang ke sembilan dan seterusnya tidak akan disimpan. Misalkan : Anda menyimpan nama suatu file dengan nama Perkenalan yang panjang karakternya 10, maka yang tersimpan adalah Perkenal.Pas.

Hal-hal lain yang perlu diperhatikan pada saat penyimpanan program :

  1. Misalkan program di atas Anda perbaiki kembali, dan Anda ingin menyimpan hasil perbaikan tersebut, Anda cukup tekan Alt+F dan Klik Save atau perintah pendek Ctrl + S (Tombol Ctrl di keyboard di tekan dan jangan dilepas dan tekan huruf S). He..he..he.. Ini Perlu Lho.. karena PLN Lagi Hemat Energi.. Ye.e.e.e.e J
  2. Bila Anda ingin menyimpan program dengan nama yang lain, Anda Klik File Save As, dan tentukan nama filenya sesuai dengan syarat pemberian nama file
  3. Bila Anda melakukan Save As, dan nama File yang Anda beri telah ada di penyimpanan (hard disk, floppy disk, flash disk), maka Anda akan diperingati bahwa nama file yang Anda ketikkan telah Ada. Dan bila Anda bersikeras untuk menyimpan, maka isi dari file yang lama akan diganti dengan file yang baru. (Harap hati-hati !).

Label: ,